» » Cara membuat rokok kretek dan rokok putih murah namun rasa mantap
author-photo

kali dilihat
Oleh : Pinky


Bagi perokok berat tentu akan mengeluarkan biaya yang tak sedikit jika dijumlahkan dalam sebulan untuk belanja rokok, mungkin bisa mencapai ratusan ribu tergantung berapa banyak batang rokok yang dihisapnya.

Nah, bagi yang berminat anda bisa mempraktekan bagaimana cara membuat rokok baik kretek maupun rokok putih (tanpa cengkeh).

Banyak cara yang digunakan bagaimana untuk menciptakan rasa dan aroma rokok tentu tergantung selera pembuatnya.

Di lapak penjualan tembakau online juga banyak dijual berbagai jenis tembakau siap linting baik tembakau impor maupun lokal lengkap dengan segala sarananya misalnya paper dan alat lintingnya,

Tapi setelah dicoba rasanya antara penjual satu dengan yang lain walaupun mengklaim sama rasanya dengan rokok branded (buatan pabrik, misalnya, Malboro, Dji Sam Soe, Sampurna, Djarum, Gudang Garam dsbnya) tetap saja berbeda, hal tersebut disebabkan oleh proses peracikan tembakau (blending) serta proses casing (pemberian saus rokok, yang tentu sangat di rahasiakan oleh pabrik pembuatnya).

Bagi yang berminat untuk mengirit biaya yang dikeluarkan dalam belanja rokok mungkin tip ini bisa dicoba, dan hasilnya tak mengecewakan, bahkan bisa lebih nikmat dari rokok branded (tentu dengan mencoba memblending dengan berbagai jenis tembakau, sesuai selera. Karena setiap tembakau memiliki karakteristik yang berbeda).

Di Indonesia secara umum dikenal terdapat dua jenis rokok, yaitu:
  1. Rokok kretek
  2. Rokok putih
Perbedaan dari kedua jenis rokok tersebut terletak pada penggunaan cengkeh (clove) dan tipe cita-rasanya, rokok kretek menggunakan clove (hanya terdapat di Indonesia) terdiri dari dua kategori, yaitu SKT (Sigaret Kretek Tangan) dan SKM (Sigaret Kretek Mesin) sedangkan rokok putih tidak menggunakan clove (internasional) dikenal dengan SPM (Sigaret Putih Mesin).  Perbedaan tipe cita-rasanya adalah sebagai berikut:

Rokok Kretek ada dua tipe cita-rasa, yaitu:

Tipe berdasarkan penggunaan flavour misalnya..

  • High Flavour: tipe sweet spicy (Gudang Garam, Djarum, lainnya); tipe nutty fruity (Bentoel International, Grendel dan lainnya)
  • Low Flavour: tipe natural (234, Mild, Saritoga dan lainnya)
Tipe berdasarkan kandungan tar dan nicotine :
  1. Low Tar Nicotine (15 mg tar/cigarette. 1,1 mg nic./cig.): A Mild, Star Mild, L.A. dll.
  2. Medium Tar  Nicotine (15 mg tar/cigarette. 1,1 mg nic/cig. 1,5): Bentoel Mild, A International, 234 Filter. dll.
Regular : selain no 1 dan no 2.

Rokok Putih ada dua tipe cita-rasa, yaitu:
  1. American Blend:  sweet aromatic anissed typical acid fruit, chocolate fermented (Marlboro, Lucky Strick, dan lainnya).
  2. Virginia Blend: typical virginia smoke taste fermented acid taste (Camel, dan lainnya) termasuk English type dan Asia type (Japan Tob., China Tobacco dan lainnya)
Raw material produksi rokok kretek terdiri atas empat bagian yang masing-masing bagian merupakan compound, yaitu:
  1. Blend tembakau (campuran dari berbagai macam jenis tembakau (bentuk rajangan) dengan perbandingan tertentu sedemikian rupa sehingga diperoleh cita-rasa tembakau yang diinginkan, agar tercipta rasa yang khas)
  2. Blend Clove  (campuran dari beberapa jenis clove (bentuk rajangan) dengan perbandingan tertentu sedemikian rupa sehingga diperoleh cita-rasa clove yang diinginkan)
  3. Casing Flavour
  4. Top Flavour
Diagram Alir Proses Produksi Rokok Kretek


Tobacco flavour terdiri atas dua bagian yang masing-masing berbeda peranannya terhadap rokok kretek yang dihasilkan. Kedua bagian tersebut adalah:
  1.  Casing Flavour dan 
  2.  Top Flavour.
Casing Flavour
Casing Flavour merupakan larutan compound dari berbagai macam raw material yang terlarut dalam air, yang berperan memperbaiki, meningkatkan dan menyempurnakan cita-rasa blend tembakau.

Raw material yang digunakan dalam membentuk casing umumnya berupa ekstrak, konsentrat, resinoid, dan bentuk lain yang larut dalam air. Secara umum casing compound terdiri atas beberapa block :

Humectant ( PG, Gliceryn, Madu )
Sweet block
Tobacco acid ( Sour Plum, Plum Casing )
Brown block ( Coffee Extrac, Cocoa, Mapple, Anis Casing )
Spicy block ( Keningar / Kayu Manis )
Fermented block
Tobacco softener/ smoothener (Licorice)
Tobacco enhancer/ improver (Tabac-Tabac)
Burning Preservative agent
Body replacer (Cocoa)
Fixative
Solvent (water)

Top Flavour
Top flavour merupakan larutan compound dari berbagai macam flavour yang terlarut dalam alcohol, yang berperan memberi arah cita-rasa rokok kretek yang dihasilkan. Raw material yang digunakan dalam membentuk top flavour umumnya berupa oil, oleoresin, absolute, dan aroma chemical yang larut dalam alcohol.

Secara umum compound top terdiri atas beberapa block :

Pack aroma
Sweet block (Tabac Sweet, Vanilla, Sweet Alami, Anis dll)
Fresh block (Havana, Manila)
Fermented block (Rhum, Cognag, Jamaica)
Fruity block (Nangka, Pisang, Strawberry, Fruity)
Brown block (Gurih FC, Coffee, Mapple)
Spicy block (Cassia, Clove Oil, Nut Meg, Ginger dll = Spicy TF)
Tobacco Top block (Madura, Virginia, Kentucky)
Sour agent (Plum)
Green block (Strawberry, Rashberry)
Floral block (Jasmine, Rose Oil)
Fixative (Tabac Fixative, Labdanum, Benzoin, Peru Balsamic)
Solvent (alcohol, PG)

Berdasarkan keadaan tersebut di atas, dapat diketahui bahwa:
Casing dan Top flavour merupakan larutan yang jauh berbeda, terutama polaritas-nya, walaupun kadang-kadang raw material top flavour masuk dalam compound casing itu semata-mata strategi kreasi. Tetapi raw material untuk Casing selalu tidak mungkin masuk dalam compound

Itulah sedikit gambaran proses produksi tembakau untuk dijadikan rokok, sekarang kita melangkah proses pembuatan rokoknya.

Bahan bahan yang dibutuhkan :
  1. Tembakau Blend
  2. Gagang Cengkeh
  3. Clove Enhancer
  4. Top Flavor
  5. Base Casing Compound
  6. Gula cair
  7. Oleoresin rempah-rempah (Cassia, Star Anise, Cardamom, Licorice).

Meracik ramuan untuk casing dan memberi rempah-rempah pilihan

Proses pembuatan casing:
Gula cair 250 gram + 100 gram oleoresin yang dikehendaki.

Aduk hingga merata, kemudian ditambahkan air matang hingga volume 1 liter.

Proses pemberian casing dan saus kedalam tembakau:
1 kg tembakau disemprot dengan casing sebanyak 50 ml (bila perlu diencerkan dengan air supaya cairan merata diseluruh permukaan tembakau).

Bila perlu turunkan kadar air dengan diangin anginkan atau di oven.
Tembakau yang telah di casing, kernudian disemprot dengan Top Flavor yang dicampur dengan Base casing Compound Top Flavor + Base Casing Compound dengan perbandingan 1 :1)

Apabila dikehendaki rasa yang lebih mantap bisa ditambahkan Chocolate paste , Cappuccino Paste, Coffee Latte Paste.

Proses pemberian Clove Enhancer kedalam gagang cengkeh rajang:
1 kg gagang cengkeh disemprot dengan Clove Enhancer sebanyak 30 - 50 ml (bila perlu diencerkan dengan alkohol supaya cairan merata diseluruh permukaan gagang cengkeh).

Gagang cengkeh yang telah disemprot dengan Clove Enhancer disimpan selama +/- 5 jam atau lebih.
Gagang cengleh siap digunakan untuk dicampur dengan tembakau yang telah diberi saus.

Proses pencampuran tembakau dan gagang cengkeh :
1 kg tembakau yang telah diberi saus dicampur dengan 0.4 - 0.5 kg gagang cengkeh , kemudian simpan semalam sebelum dibuat rokok





Membuat rokok dengan sekali kecil untuk pribadi namun rasanya tak kalah dengan rokok buatan pabrik bahkan lebih nikmat karena menggunakan tembakaunya pilihan


Perhitungan biaya membuat rokok pribadi adalah 1 on tembako blend (kwlaitas terbaik) misalnya untuk rokok Malboro Rp.25 ribu bisa menghasilkan 110 batang rokok. coba bandingkan dengan rokok Malboro yang kita beli di warung sebungkus Rp.20 ribu hanya untuk 20 batang !

Designed by Code Lab for Wallang Tobacco ☺

Demikian juga untuk membuat rokok kretek, biayanya lebih murah, Rp.20 ribu bisa menghasilkan 100 batang rokok untuk 1 on tembako blend (kwlaitas terbaik) Jika menggunakan kwalitas rendah bisa lebih murah lagi sekitar Rp.17 ribu untuk 100 batang rokok!

Mengenai rasa ? setelah dibandingkan rasanya antara rokok buatan sendiri dengan rokok buatan pabrik, bisa lebih nikmat buatan sendiri karena semua menggunakan bahan pilihan sesuai selera.

Catatan :
Bahan-bahan untuk saus rokok bisa dibeli di toko kimia (saus rokok tak berbeda dengan saus untuk mengolah makanan pada umumnya).

Berminat brooo ?

Dari berbagai situs yang mengulas tentang produksi / penjual tembakau dan saus rokok. dan praktek sendiri




author-photo
Thankyou guys for reading the article, Cara membuat rokok kretek dan rokok putih murah namun rasa mantap

Code Lab admited that though we trying to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Posting may contains Information, speculation or rumor. We found images from web that were believed to belongs on public domain. The blog is a personal online records. But, hopefully, these articles also gather usefulness for stray visitors to read this blog from somewhere and for any reasons. Pinky
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Silakan beri komentar dengan Akun Facebook Anda